blog ini bertujuan untuk membantu para pengunjung atau para pemirsa,blog ini di buat untuk hal yang baik,blog ini berasal dari madura, semoga blog ini dapat membantu masalah yang ada dan terjadi di kehidupan ,

KOMPUTER PAGE KNOME

Monday 19 October 2015

14:25 | by Rizky | Categories: | No comments


   Algoritma dan pemograman (ARRAY/LARIK)


Array/Larik adalah tipe data yang terstruktur dan terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang mempunyai tipe data yang sama. Array merupakan bagian dasar, yang disebut blok, guna keperluan pembentukan suatu struktur data lain yang lebih kompleks. Hampir setiap jenis struktur data kompleks dapat disajikan secara logik oleh array.
Suatu Array dapat mempunyai elemen semuanya berupa integer atau dapat pula seluruhnya berupa untai aksara atau String Bahkan dapat pula terjadi bahwa suatu Array mempunyai elemen berupa Array pula. Sebenarnya, pengertian Array telah banyak kita kenal, dan kita pelajari dalam matematika. Di sana, Array lebih terkenal sebagai matriks. Kadang-kadang ia disebut juga sebagai tabel.
Di dalam Algoritma, larik dinyatakan dengan awalan huruf “KAPITAL” dan notasi  “[   ]” untuk menyatakan data dalam larik. Contoh : A ← [1, 2, 3, 1] Sebuah contoh berikut menyatakan larik A yang berisi data 1, 2, 3 dan 1.

KeUnggulan Algoritma dan pemograman (ARRAY/LARIK) :

·         Array sangat cocok untuk pengaksesan acak. Sembarang elemen di array dapat diacu secara langsung tanpa melalui elemen-elemen lain.
·         Jika berada di suatu lokasi elemen, maka sangat mudah menelusuri ke elemen-elemen tetangga, baik elemen pendahulu atau elemen penerus.
·         Jika elemen-elemen array adalah nilai-nilai independen dan seluruhnya harus terjaga, maka penggunaan penyimpanannya sangat efisien.

v  Kelemahan Algoritma dan pemograman (ARRAY/LARIK) :

·         Array harus bertipe homogen. Kita tidak dapat mempunyai Array dimana satu elemen adalah karakter, elemen lain bilangan, dan elemen lain adalah tipe-tipe lain.
·         Kebanyakan bahasa pemrograman mengimplementasikan array statik yang sulit diubah ukurannya di waktu eksekusi. Bila penambahan dan pengurangan terjadi terus-menerus, maka representasi statis.



IMPLEMENTASI

Pada Pertemuaan Ketiga Pratikum Algoritma & Pemrograman II diajarkan untuk mengimputkan dan menampilkan sebuah inputan yang telah dimasukkan menggunakan bahasa pemrograman/aplikasi C++ :

Ø  Tampilan dalam program C++





TUGAS

1.   Buatlah sebuah program yang bisa menampilkan banyaknya jumlah huruf vokal yang di inputkan oleh user !!


Ø  Tampilan program pada aplikasi C++ !!












KESIMPULAN

Dalam mempelajari pemrogaman bahasa C++ banyak sekali hal yang harus diperhatikan. Maka dari itu diperlukan adanya ketelitian dan kesabaran, serta analisa. Dalam pembuatan program menggunakan bahasa C++ kita harus mengetahui lebih dahulu apa yang mesti kita buat dan mengetahui lebih dalam tentang bahasa C++ tersebut. Dalam bahasa pemrograman, kita dapat menentukan bahasa pemrograman yang kita pakai.

Menurut definisinya, Array/Larik adalah kumpulan dari nilai-nilai data bertipe sama
dalam urutan tertentu yang menggunakan sebuah nama yang sama. Nilai-nilai data pada suatu larik disebut dengan elekmen-elemen larik. Letak urutan dari suatu larik ditunjukkan oleh suatu subscript atau index.

Array merupakan tipe data yang cukup rumit. Tetapi apabila kita tekuni dan berusaha sedikit, maka Array termasuk tipe data yang mudah untuk dipelajari. Array dikenal sebagai tipe data yang terstruktur, karena menggunakan elemen-elemen sebagai bagiannya.

Dalam Laporan kali ini saya menyimpulkan bahwa untuk menghitung banyaknya jumlah karakter yang di inputkan oleh user, kita harus menggunakan fungsi “strlen ( )”. Akan tetapi untuk menggunakannya kita harus menyertakan file header “” dan cara penulisannya yaitu : “strlen (nama_variabel)”.





0 komentar:

Post a Comment

Recent Posts

Semoga blog saya dapat membantu anda, jika ada kesalahan mohon maaf sebesar besarnya